Kebiasaan 2 – Merujuk pada tujuan akhir

kali ini, aku masih membahas buku the 7 habits of highly effective people. Dan aku akan bahas pada bab berikutnya tentang habit #2 yaitu merujuk pada tujuan akhir.  Diawal bab, Dr. Covey memberi judul Prinsip Kepemimpinan Pribadi. Tepat sekali, karena pada bab ini, beliau memfokuskan pada perlunya seseorang mempunyai prinsip dalam dirinya. Hal itu terungkap dalam pernyataan visi dan misi pribadi.

Bab ini menjadi menarik ketika covey meminta pembacanya membayangkan dan berimajinasi saat kita berada di pemakaman kita sendiri. Apa yang kita harapkan pada orang-orang yang mengenal kita. Sikap kita yang baikkah yang dikenang, atau sikap kita yang buruk yang selalu ada dibenak mereka. Jika kita akan melangkah, melakukan suatu kegiatan saat ini pikirkan apa yang akan kita maui kedepan. Itu pentingnya kita mempunyai pernyataan misi atas diri kita pribadi. Dalam hal ini, kita juga akan berurusan dengan visi dan nilai pribadi. Untuk menulis misi pribadi, kita harus memulai dari pusat pengaruh diri kita, dan, kalau mau merujuk pada sikap proaktif, tentu saja “prinsip” yang harus dipegang. Walaupun kita sadar bahwa kadang lingkungan mempengaruhi pusat pengaruh kita. Misal pusat pengaruh keluarga, uang, pekerjaan, teman, atau musuh. Tetapi meskipun hal itu berpengaruh, tetapi prinsip yang kuat tetap menjadi dasar kita dalam menentukan pilihan atas keadaan.

Kembali pada pernyataan misi pribadi. Ternyata hal itu baik juga dikembangkan dalam pernyataan misi organisasi lho.. Di tempatku bekerja, juga sudah ada pernyataan visi, misi dan nilai organisasi. Tetapi belum dihayati sepenuhnya oleh seluruh staf. Aku pikir, mulai sekarang harus segera disosialisasikan kepada semua staf, agar menjadi nafas di setiap kerja kami. Sehingga setiap yang kami kerjakan sesuai dengan pernyataan misi organisasi kami.

Sulit lho, membuat pernyataan misi pribadi, dibutuhkan perenungan yang dalam. Tapi, aku mulai mencoba untuk membuat pernyataan misi pribadi dan berkomitmen atas itu. PROAKTIF dan BEREMPATI… that’s me… hehe… 🙂

Advertisements
Published in: on September 14, 2008 at 9:43 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://nanapuspit.wordpress.com/2008/09/14/kebiasaan-2-merujuk-pada-tujuan-akhir/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: