kebiasaan 6 – wujudkan sinergi

hai,
kebiasaan ke 6 ini merupakan langkah ketiga dalam hubungan kita dengan orang lain. Menciptakan sinergi. Sinergi ini bisa dianalogikan dengan cara laki-laki dan perempuan membawa seorang anak ke dalam dunia. Intisari sinergi adalah menghargai perbedaan-menghormati perbedaan, membangun kekuatan, mengimbangi kelemahan. Ketika kita benar-benar membuka hati, pikiran, dan ekspresi kita pada kemungkinan baru, alternatif baru, pilihan baru, berarti kita telah berkomunikasi secara sinergik.
Mengapa demikian?, karena ketika kita menghargai perbedaan kita justru akan menambah pengetahuan. Kita dapat menghargai perbedaan dalam diri orang lain. Ketika seorang tidak setuju dengan kita, kita bisa mengatakan, ” bagus!, anda melihatnya dengan cara berbeda” kita tidak perlu setuju dengan orang lain; kita dapat sekedar meneguhkan orang lain. Dan kita dapat berusaha untuk mengerti.
Bersinergi beda dengan kompromi lho… Kompromi berarti 1+1=1 1/2. Keduanya sama-sama memberi dan menerima. Sinergi berarti 1+1 sama dengan 8, 16, atau bahkan 1600. Posisi sinergistik dari kepercayaan yang tinggi menghasilkan solusi yang lebih baik dibandingkan dengan diusulkan semula, dan semua pihak mengetahuinya.
Ketika kita melihat hanya dua alternatif-alternatif diri kita dan alternatif yang “salah”- kita dapat mencari alternatif ketiga yang sinergik. Hampir selalu ada alternatif ketiga, dan jika kita bekerja dengan filosofi menang/menang dan benar-benar berusaha untuk mengerti, kita biasanya dapat menemukan solusi yang akan lebih baik bagi semua pihak yang berkepentingan.

Oke, waktunya untuk merealisasikannya.. 🙂

Advertisements
Published in: on September 30, 2008 at 8:37 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://nanapuspit.wordpress.com/2008/09/30/kebiasaan-6-wujudkan-sinergi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: